Ayo Dulur Dolen Ning Margomulyo

Margomulyo – Malam minggu. Kira-kira apa yang dilakukan warga Samin di malam Minggu? Karena Margomulyo dekat dengan Kota Ngawi, pasti ada yang berfikir para warga Samin juga sama dengan yang lainnya. Jalan-jalan/begadang ke kota. Tapi jawaban itu salah.
.

Dikutip dari margomulyo.desa.id walau desa Margomulyo dekat dengan kota Ngawi. Tak menyurutkan semangat para warga samin untuk melestarikan tradisi budaya dari nenek moyang. Dipimpin oleh Bapak Karsi latihan karawitan jawa, campursari rutin dilakukan tiap malming. Latihan dimulai dari jam 19.30 sampai pukul 23.00 an dilakukan di Balai Budaya Masyarakat Samin Ditempat ini Bapak Kasri mewariskan budaya karawitan jawa kepada generasi muda. Banyak siswa SD dan SMP setempat yang ikut dalam latihan karawitan ini. Merekapun serius dan sangat antusias mendapatkan materi dar Bapak Kasri. Tak hanya warga dusun setempat, warga dusun lainpun bisa ikut serta. Syaratnya hanya satu. Punya niat.
Dan satu lagi yang harus diketahui dan patut dibanggakan. Semua gamelan yang digunakan adalah Hand Made dari tangan salah satu sesepuh masyarakat Samin di Duun Jepang, Desa Margomulyo. Beliau adalah Mbah Harjo.

Bagi warga sekitar desa Margomulyo yang berminat untuk berlatih karawitan. Silahkan datang langsung ke Balai Budaya Masyarakat Samin. Tak perlu syarat khusus, hanya niat dan kemauan. Dan tak dipungut biaya. Sehingga Malam Minggu tak terlewatkan sia-sia tanpa kegiatan yang positif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *