Perwujudan “Margomulyo Siap Online”

Margomulyo – Untuk mrnunjang tercapainya Desa Online khususnya di wilayah Bojonegoro. Pemeerintah Kabupaten Bojonegoro yang dibantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro sering mengadakan bimbingan teknik tentang IT. Bimbingan IT ini merupakan tindak lanjut untuk mewujudakna revolusia data melalui Buku Inovasi Administrasi Dasa Wisma (Dawis).
Biasanya data dientry secara manual di dalam buku yang sangat tebal dan banyak. Belum lagi datanya harus valid dan update. Karena itu Pemkab Bojonegoro memberi solusi atau gebrakan melalui kemajuan teknologi yaitu pembuatan aplikasi Dasa Wisma.

“Masyarakat Margomulyo melek IT” merupakan sebuah motivasi serta program untuk mendorong masyarakat  desa Margomulyo agar tidak kudet. Ini terbukti bahwa dalam mendukung Program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yaitu Gerakan Desa Sehat Cerdas (GDSC) serta tindak lanjut dari Bimtek tentang penngunaan aplikasi Dawis, ibu-ibu pengurus PKK Desa Margomulyo mendata tentang pendidikan, Ekonomi, Kesehatan Sosial dan Keagamaan secara door to door ke rumah warga, ini dilakukan agar data lebih akurat dan bisa digunakan sebagai acuan pemerintah dalam perencanaan Proker dan kegiatan dengan dinas terkait. Kegiatan semacam ini bukan hal yang baru lagi, karena disetiap tahunnya kader PKK Desa Margomulyo. 
Melalui peningkatan mutu kader pelatihan oleh Diskominfo tentang melek IT, PKK Desa Margomulyo mengirimkan kadernya untuk dilatih dan dibimbing tentang IT, sehingga data dari tingkat Dasa wisma dapat dikomunikasikan secara valid dan up to date yang harapannya permasalahan yang terjadi di masyarakat sedini mungkin dapat dideteksi diatasi dengan kerja sama dengan pihak terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *