Pencegahan Polio Untuk Bibit-bibit Muda Margomulyo

Margomulyo – Pekan imunisasi Nasional 2016 yang dilakukan serempak se-Indonesia pada tanggal 8 sampai 15 Maret 2016. PIN Polio 2016 adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuannya antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.
Tak terkecuali di Desa Margomulyo. Program PIN Polio 2016 dilaksanakan di 10 Posyandu, di 8 Dusun di seluruh Desa Margomulyo. Dan semuanya berjalan lancar. Respon masyarakat terhadap program PIN 2016 ini sangat luar biasa. Belum sempat di sweeping masyarakat sudah datang sendiri ke Posyandu. Bukan tanpa alasan masyarakat dengan sigapnya datang langsung ke Posyandu terdekat. Salah satu alasannya adalah kehadiran Kader Posyandu, Kader Paud, Kader BKD, Ketua PKK yang didampingi Anggota dan Pengurusnya, Kepala Desa beserta pernagkat, Bapak Muspika, Dokter, Asper, serta Bidan Desa. Bagaimana masyarakat tak bangga dan senang jika di setiap Posyandu dihadiri begitu banyak pejabat-pejabat desa.
Contohnya saja di Posyandu Widodo 1 Dusun Kalimojo. Ibu dan balita serta siswa-siswi PAUD tiba di Posyandu sebelum jam buka. Setelah dikelompokkan berdasarkan BKB (Bina Keluarga Balita) balita ditimbang oleh Kader Posyandu. Setelah itu tim dari kesehatan yaitu bidan dan Asper memberi imunisasi Polio untuk semua balita. Kemudian Camat Margomulyo Bapak Heru Sugiharto memberikan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi untuk mencegah penyakit polio yang sering dialami anak usia balita (0-5 tahun). Tak lupa pula diberikan makanan tambahan untuk balita.
“Alhamdulillah, tidak sampai disweeping keluarga balita sadar mengikuti program PIN 2016. Kami akan terus koordinasi kepada semua pihak agar kedepannya sudah tidak ada yang terlupakan, sehingga takkan ada lagi penyakit polio yang menjangkit anak-anak usia balita.”pesan dan harapan Ibu Ketua PKK Desa Margomulyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *